Blogging dengan Google Voice Typing

Teknologi sekarang ini sudah semakin maju memungkinkan kita untuk merubah inputan suara menjadi teks khususnya pengguna Android akan sangat mudah dalam membuat tulisan blog hanya dengan berbicara, sesimpel itu

Cara mengaktifkan pada menu android pilih Setting > General Management > Language and input, lakukan settingan sebagai berikut :

1. On-screen keybord, pastikan terdapat atau terinstall google voice typing kalau tidak ada coba pilih menu “manage keyboard”. Kalau tidak berhasil kemungkinan versi android anda di bawah versi yang tidak support google voice, untuk altenatif bisa juga install Gboard – the Google Keyboard dari Play Store.

2. Show Keyboard button dalam posisi aktif, fungsinya ketika pada proses pengetikan di keyboard akan muncul menu disebelah bawah kanan sebagai pilihan untuk mengganti mode inputan menjadi google voice typing

3. Untuk memulai mengetik menggunakan google voice typing, pilih menu pengganti inputan seperti poin 2 di atas lalu rubah pilihan ke “google voice typing” kemudian keyboard semula qwerty akan berubah menjadi seperti gambar dibawah.

Untuk berbicara tekan tombol mic hingga berubah warna menjadi hijau (untuk handphone saya warna hijau) mulailah berbicara maka suara kamu akan di ubah menjadi teks, untuk kualitas lebih baik gunakan bahasa yang jelas dan bersih, ketika terdapat hasil teks yang tidak tepat dapat di edit secara manual dengan cara kembalikan menu inputan seperti cara diatas menjadi samsung keyboard atau jenis keyboard yang diinginkan.

tulisan artikel ini salah satu contoh hasil penggunaan aplikasi Google Voice Typing yang ada pada Samsung A70 dengan OS Android versi 9 dengan mengganti mode inputan keyboard menggunakan google voice typing pada menu keyboard.

pada android versi 9 di Samsung A70 ini memiliki 3 opsi pilihan inputan untuk proses pengetikan, yaitu :

  1. Samsung Keyboard,
  2. Samsung Voice input, dan
  3. Google Voice.

Untuk kali ini kita hanya membahas penggunaan google voice typing dan inplementasinya terhadap aplikasi WordPress , melalui web browser ataupun seluruh aplikasi yang menggunakan inputan keyboard, untuk perbandingan antara mode inputan Samsung voice input dan google voice typing akan di bahas lain waktu akan tetapi untuk saat ini saya akan lebih merekomendasikan penggunaan google voice typing.

Video diatas tidak menggunakan suara karena pada inputan google voice typing menggunakan microphone pada handphone yang sama sehingga tidak dapat digunakan bersamaan dengan screen recoder, alhasil suara pada video harus di off kan.

Hasil dari inputan sangat akurat dan kecepatan merubah suara menjadi teks juga sangat cepat, dari hasil terlihat spasi kurang rapi, perlu di edit manual untuk tanda baca dan beberapa kata yang terinput double. sejauh ini penggunaan google voice typing sangat memuaskan dan direkomendasikan untuk para blogger yang punya hobi nge-blog dengan narasi yang bagus dan fleksibilitas tinggi.

Selamat berblogging ria dengan google voice typing

Written by

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.