Arti Jumlah Tahun Dan Maknanya.

Apakah makna jumlah tahun yang sering digunakan dalam melambangkan lamanya tahun pernikahan, umur seseorang atau suatu objek. asal mula budaya ini berasal dari dunia barat. Pada tahun 1659, John Evelyn menulis buku mengenai pesta ulang tahun pernikahan yang diberi judul “Diary”. Kemudian Samuel Pepys juga menuliskan buku yang serupa, namun fokusnya lebih kepada pesta kawin perak untuk usia pernikahan 25 tahun.

Tulisan tersebut lalu dipublikasikan di tahun 1806 oleh Anna Letina Barbauld yang juga menulis tentang pernikahan perak. Tahun 1860 di Inggris dipublikasikan mengenai kawin emas untuk peringatan usia 50 tahun pernikahan. Tahun 1872 pesta kawin intan menyusul bagi pasangan yang telah menikah selama 60 tahun. Sejak itulah ulang tahun pernikahan diperingati oleh segenap masyarakat. Belakangan muncul istilah-istilah yang mengikuti terkait ulang tahun pernikahan mulai dari yang pertama.

Kertas
Tahun pertama adalah tahun Kertas yang melambangkan awal baru. Pernikahan pertama masih bagian awal kehidupan rumah tangga. Pasangan suami istri yang menentukan bagaimana mereka akan menjalani kehidupan bersama. Contoh hadiah bertema kertas : voucher belanja, kupon diskon, buku harian, selembar puisi yang dibingkai, dll

Kertas
jangka waktu 5 tahun diartikan sebagai tahun kayu. Tradisi memberikan kayu pada ulang tahun pernikahan kelima berasal dari Wales. Kayu merupakan bahan alami yang dikenal kuat. Dengan demikian diharapkan kehidupan rumah tangga yang sudah menginjak usia kelima semakin kokoh. Contoh hadiah bertemakan kayu : mangkuk kayu, tatanan kayu untuk gelas, sandal kayu, bingkai kayu, dll.

Tembaga atau Wol
7 tahun dilambangkan dengan tembaga atau wol, Simbol tembaga dikenal sebagai simbol Dewi Venus atau Aphrodite (dewi cinta, kecantikan dan kesuburan) dalam mitologi Romawi dan Yunani. Hadiah pemberian tembaga bisa melambangkan ketiga hal tersebut. Sementara wol juga memberi makna yang tidak kalah penting dari tembaga yaitu kehangatan. Contoh hadiah tembaga atau wol : bingkai tembaga, pajangan tembaga, sweater, selimut wol, dll.

Timah atau Aluminium
10 tahun dilambangkan dengan simbol timah atau aluminium. Memberikan hadiah dari bahan timah atau aluminium merupakan simbol pengharapan agar pasangan suami istri tetap bisa saling menyesuaikan diri dan tidak kaku meskipun pernikahan sudah berjalan selama 10 tahun. Contoh hadiah bertemakan timah atau alumunium : peralatan memasak dari bahan aluminium, perhiasan dari bahan pewter (99% berbahan timah), dll.

Linen atau Sutera
12 tahun dilambagkan dengan linen atau sutera, Kelebihan-kelebihan linen dan sutra yang berbahan serat halus, terasa sejuk saat disentuh dan semakin lembut setiap kali dicuci, diharapkan juga menjadi kelebihan pasangan suami istri yaitu bersifat lembut, menyejukkan hati namun tetap tangguh. Contoh hadiah bertema linen atau sutera : seprei linen, selendang sutra, sarung bantal sofa, dll.

Kristal
15 tahun merupakan tahun kristal. Dalam beberapa kebudayaan, ulang tahun pernikahan ke – 15 dilambangkan dengan kaca. Itu sebabnya kristal dijadikan lambang ulang tahun ke 15 ini. Contoh hadiah bertema kristal : pajangan, lampu, perhiasan.

Porselin
Porselen melambangkan 20 tahun perjalanan mengarungi selama dua dekade, ini saatnya anda merayakannya bersama orang-orang tercinta melalui jamuan makan. Inilah alasan porselen dijadikan simbol pernikahan ke-20. Contoh hadiah bertemakan porselen : pajangan, peralatan makan, boneka, guci, vas, perhiasan, dll.

Perak
25 tahun adalah tahun perak. Perak merupakan simbol keharmonisan yang sangat diperlukan untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Contoh hadiah : perhiasan, pajangan, bingkai, cermin, manset.

mutiara
memasuki 30 tahun dalam mitologi india, mutiara dianggap sebagai tetesan embun yang jatuh ke lautan. Mutiara merupakan lambang kecantikan, kedamaian dan kemuliaan. Tiga hal ini lah yang pas dianggap mewakili makna ulang tahun pernikahan ke 30. Contoh hadiah bertemakan mutiara : perhiasan, tas hias, pajangan, dll.

Karang
35 tahun adalah tahun karang karena karang memiliki kerangka sangat keras dan berperan penting dalam kehidupan bawah laut. Pasangan suami istri pun harus memiliki sifat yang tangguh. Mereka berdua adalah pemeran utama kehidupan berumah tangga. Contoh hadiah bertemakan karang yaitu lukisan bawah tanah atau tiket wisata pantai.

Ruby
ruby 40 tahun–Ruby salah satu batu-batuan berharga berwarna merah. Dalam kehidupan bangsa-bangsa Asia, batu ini termasuk salah satu yang dianggap penting bahkan ada yang mengatakan ruby lebih berharga daripada berlian karena lebih langka. Batu ini melambangkan kesehatan, kesejahteraan, kebijaksanaan dan gairah. Pemberian ruby pada ulang tahun penikahan dimaksudkan agar kehidupan berumah tangga terus diberkahi keberuntungan dan rezeki. Contoh hadiah bertemakan ruby : perhiasan, pernik hadiah, pajangan, dll.

Emas
Emas adalah bahan metal yang paling digemari di seluruh dunia. Ada yang berwarna kuning, putih dan kemerahan. Di banyak adat istiadat, emas adalah lambang keharmonisan. Hampir sama dengan ulang tahun pernikahan ke-25, di Jerman, para suami juga memberikan semacam karangan bunga kepada istrinya. Bedanya, di ulang tahun pernikahan ke 50, karangan bunga ini dibuat dari emas. Inilah kemudian yang menjadi cikal bakal pernikahan emas. Contoh hadiah bertemakan emas : perhiasan, jam tangan, dll.

Selengkapnya makna tahun dirincikan sebagai berikut :

1 = Kertas
2 = Cotton
3 = Kulit
4 = Linen
5 = Kayu
6 = Besi
7 = Lana
8 = Bronze
9 = Clay
10 = Aluminium
11 = Baja
12 = Sutra
13 = Lace Wedding
14 = Gading
15 = Kristal
16 = Ivy
17 = Wallflower
18 = Quartz
19 = Honey suckle
20 = Porcelain
21 = Oak Jubilee
22 = Copper
23 = Air
24 = Granit
25 = Perak
26 = Roses
27 = Jet
28 = Amber
29 = Garnet
30 = Pearl
31 = Ebony
32 = Copper
33 = Tin
34 = Poppy
35 = Coral
36 = Flint
37 = Batu
38 = Jade
39 = Agate
40 = Ruby
41 = Topaz
42 = Jasper
43 = Opal
44 = Turkuoise
45 = Sapphire
46 = Ibu Pearl
47 = Amethyst
48 = Feldspar
49 = Zirkon
50 = Golden Jubilee (emas)
55 = Emerald
60 = Intan
65 = Platinum
70 = Titanium
80 = Oak Jubilee
85 = Marmer
90 = Granit
95 = Onyx
100 = Tulang

Apapun makna dari semua jumlah tahun yang dilalui semua butuh proses dan proses itu yang akan memaknai setiap perjalanan pada setiap manusia dan makna setiap individu akan berbeda satu sama lainnya, intinya kita selalu berbuat positif untuk menghasilkan makna yang positif dalam setiap perjalanan waktu kita.
(dari berbagai sumber)

Tinggalkan komentar