Tips memilih hosting buat website

Nah kali ini saya akan sedikit berbagi Tips memilih hosting yang baik menurut pengalaman saya bergonta ganti hosting, saya sudah pernah mencoba hosting luar negeri dan lokal.

Hosting yang tersedia di luar sana sangat banyak macam penawarannya baik dari segi fasilitas, fitur, kecepatan, kelengkapan, garansi dan supporting.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting sebagai berikut :

1. Harga dan paket yang ditawarkan

Harga yang di tawarkan para provider hosting sangat beragam, berkisar antara Rp 90.000/tahun hingga jutaan Rupiah, tentu harga di pengaruhi jumlah volume penyimpanan dan bandwidth yang sediakan. Tips saya “Ada harga ada kualitas”, jangan berpatokan pada harga yang ditawarkan, biasanya yang menawarkan harga murah adalah hosting dari penyedia tipe reseller. Kekurangan penyedia tipe ini adalah akses yang terbatas oleh penyedia terhadap server hosting yang dikelolanya. Hosting dengan nama besar biasanya memiliki server sendiri sehingga pengelolaan servernya pun dilakukan dan dikuasai sendiri. Nah ini salah satu faktor yang mempengaruhi mahal dan murahnya harga layanan. Paket yang ditawarkan pun mempengaruhi harga, pilihlah sesuai kebutuhan normalnya untuk satu weblog kita hanya butuh sekitar 1gb kapasitas penyimpanan dan 1gb quota bandwidth, jika kebutuhan makin besar dari pihak penyedia hosting membolehkan upgrading paket.

2. Lokasi Server

Tentukan pilihan kamu pada server hosting yang berada pada lokasi yang paling dekat dengan asal pengunjung web kamu, misal blog kamu berbahasa indonesia maka pilihlah server dengan lokasi si indonesia (biasanya agak lebih mahal) akan tetapi untuk server umum biasanya yang banyak tersedia dari USA, dari pengalaman   Server USA sudah cukup cepat dan baik dalam memuat konten web kita.

3. Memiliki Help Support

Hal yang sangat penting menurut saya adalah supporting dari penyedia hosting, karena tidak semua hosting peduli dengan keluhan keluhan konsumennya. Bayangkan saja jika kamu mengalami kesulitan dengan hosting kamu dan tidak bisa menghubungi si penyedia layanan? Bingung pastinya. Carilah yang help supportnya bagus, responsif dan kalau perlu ada sarana chat 24 jam atau hotline yang siap membantu kapanpun.

4. Teknisi berpengalaman

Selain support yang bagus tentunya harus ditunjang pengetahuan atau keahlian di bidang  webhosting baik terutama dibagian database. Contoh ketika kita mengalami kesulitan dengan database php yang corrupt tentu kita butuh teknikal support yang handal agar bisa mengakses dan memperbaiki database tersebut.

5. Garansi uptime dan uang kembali

Garansi Uptime server penting untuk menjamin hosting dari web kita selalu aktif agar bisa diakses oleh pengunjung, memang saya tidak pernah menemukan yang berani memberikan garansi 100% uptime server, maka carilah penyedia hosting yang bisa menjamin uptime servernya. Cara untuk mengetahui sebelum membeli coba searching di google review tentang pengguna lama hosting tersebut. Garansi uang kembali juga penting jika kemudian hari didapati ketidaksesuaian paket yang ditawarkan dengan kondisi sebenarnya

6.  Perusahaan dengan nama besar

Banyak hosting provider baru yang menawarkan jasa hosting diluar sana akan tetapi untuk kenyamanan dan keamanan pilih saja hosting yang sudah lama beroperasi atau memiliki jam terbang yang sudah tinggi dalam bisnis hosting serta memiliki nama besar walaupun bukan jaminan tetapi sudah terbukti keberlangsungannya, saya sering migrasi dari hosting satu ke hosting lain karena penyedia hosting tidak melanjutkan usahanya dan terjadi pindah tangan kepemilikan dan lain sebagainya. Ini hanya preferensi saja, kalaupun ada hosting baru yang  menawarkan jasanya dengan baik dan memberi jaminan silahkan dicoba.

7. Fasilitas dan fitur penunjang

Umumnya fasilitas yang ditawarkan hosting diluar sana sudah lengkap seperti Cpanel yang frandly, Proteksi dari serangan DDOS, Backup Data, autoscript, softcolous, webmail, FTP, addon domain, subdomain. Untuk memperjelas harus dipastikan fasilitas tersebut ada dan selalu terupdate karena penting untuk kita karena memudahkan menginstal platform blog seperti worpress dan lainnya. Perhatikan juga batasan  jumlah quota yang disediakan untuk fasilitas tersebut, sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk fasilitas khusus lainnya seperti Dedicated IP Address, SSL dapat di tanyakan ke penyedia untuk ketersedian sesuai kebutuhan.

8. Alat pembayaran

Kelebihan hosting yang dikelola oleh penyedia lokal yakni tersedianya metode pembayaran yang lebih mudah dijangkau ketimbang penyedia luar negeri, untuk perusahaan hosting luar negeri umumnya hanya menerima alat pembayaran kartu kredit dan paypal. Tidak semua pengguna jasa di indonesia memiliki kartu kredit, khusus paypal pun ribet penggunaan jika tidak terverifikasi oleh kartu kredit. Maka saran saya carilah hosting lokal yang sudah menggunakan metode pembayaran yang mudah kamu jangkau, banyak pilihan dan menunjang proses billing otomatis sehingga tidak repot melakukan konfirmasi pembayaran. Beberapa penyedia hosting besar sudah menyediakan fasilitas klikpay online milik bank.

9. Jenis Hosting

Banyak jenis hosting yang ditawarkan seperti Shared Hosting, VPS Hosting, Dedicated Hosting, Cloud Hosting. perbedaan pada tingkatan pembagian server dan kecepatannya pun berbeda beda untuk lebih jelasnya bisa di googling saja. Kebutuhan unyuk website, blog yang tidak terlalu masif trafiknya menggunakan Shared Hosting sudah cukup.

10. Kualitas dan Kecepatan load server

Kabarnya Kualitas server dengan Server Berbasis SSD dengan diklaim memiliki kecepatan 10 Kali lebih cepat dari hardisk server biasa. Lakukan observasi langsung terhadap kecepatan load server dengan meminta demo atau contoh situs yang sudah hosting di provider tersebut.

On so on, demikian sementara tips yang bisa saya bagi, kedepannya jika ada koreksi atau masukan dari teman teman, saya akan sangat berterimakasih untuk menjadi penambahan atau perbaikan tulisan ini.

Tinggalkan komentar