CARA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI

Memiliki website pribadi dengan nama kita sendiri pasti keren bukan? langsung saja kita mulai tutorial bagaimana membuat sebuah website atau blog dengan nama pilihan kamu sendiri.

LANGKAH PERTAMA : MEMILIH PLATFORM WEBSITE

Hal mendasar ketika kita mulai membuat sebuah website adalah memilih sebuah platform yang bisa secara mudah membangun dan mengelola website kamu. Jadi sekarang ini membangun sebuah website tidak serumit jaman dulu yang harus belajar bahasa pemograman lalu membangun website dengan html, CSS, PhP, belajar Database, itu semua merupakan kerjaan seorang master coding yang tidak semua orang bisa dan harganya tidak murah.

Hadirnya Content Management Systems (CMS) seperti WordPress membuat siapa saja bisa membuat website hanya dalam hitungan menit, Sebuah sistem manajemen konten yang mudah dioperasikan untuk membangun sebuah website dan mengelola isi dari websitenya serta tidak memerlukan keahlian dalam bahasa program.

Beberapa Website Platform yang populer yaitu :

popular-website-platforms

Dapat dilihat setengah dari pengguna platform website memilih WordPress sebagai CMS untuk membangun websitenya.

Lalu Kenapa Memilih WordPress?
Wordpress paling banyak digunakan, tetapi bukan itu alasan utamanya…

  1. WordPress Gratis, dengan banyak themes yang bisa digunakan. WordPress tidak membebani kamu dengan biaya sama sekali alias gratis sehingga banyak penggunanya serta banyak bertebaran themes dan templates cantik gratisan yang mudah didapatkan.
  1. Mudah dioperasikan. Mudahnya memasukan konten diwebsite semudah kita memposting di wall facebook, menambah halaman, merubah tampilan atau bahkan instalasi tampilan baru juga mudah dilakukan. Sekarang ini pun bisa dilakukan dari smartphone kita dengan mendownload aplikasi “WordPress” di google play.
  1. Powerful. Tidak hanya mudah tapi WordPress juga bahkan bisa dirubah menjadi sebuah website profesional yang punya fitur-fitur bisnis atau fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan website tersebut. Semua itu karena WordPress punya segudang Plugin gratis yang dengan mudah dapat diinstalasikan kedalam website.
  1. Mobile-friendly. Jaman sekarang ini segala sesuatunya dituntut harus mobile karena pengguna gadget semakin meningkat maka semua semudah dalam genggaman. Nah dengan WordPress maka website yang kita bangun dapat diakses dengan sangat baik dari segala jenis smartphone dan tablet baik dari sisi tampilan dan responsifnya.
  1. Banyak Komunitas banyak bantuan. Karena banyaknya pengguna WordPress yang mencapai 50% dibandingkan pengguna platform lainnya maka dengan itu juga mudah mencari bantuan yang diinginkan di internet. Banyak komunitas WordPress yang dapat ditemukan atau kunjungi saja komunitas officialnya di WordPress.org untuk mendapatkan info untuk mengembangkan website WordPress kamu.

Platform selain WordPress?
tidak hanya wordpress pengembang CMS Gratisan untuk membangun sebuah website, beberapa diantaranya seperti Drupal dan Joomla, akan tetapi sebagai seorang pemula saya sarankan untuk menggunakan WordPress yang lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan pesaing lainnya, Drupal dan Joomla sama halnya dengan WordPress merupakan CMS yang Powerful tetapi kamu mungkin butuh sedikit menguasai tentang bahasa program atau coding untuk membuatnya lebih cantik dan terlihat seperti yang kamu inginkan.

kalau sudah mantap dengan pilihan Platformnya mari kita lanjutkan dengan Langkah berikutnya…

LANGKAH KEDUA : MEMILIH SEBUAH NAMA DOMAIN DAN WEB HOSTING UNTUK WEBSITE KAMU

Ada 2 hal yang perlu kamu ketahui untuk menjalankan sebuah website :

  • Sebuah nama domain. Domain merupakan sebuah alamat web seperti namakamu.com
  • Sebuah Hosting. Yang dimaksud dengan Hosting adalah Tempat untuk menyimpan semua isi dari website kamu dan terkoneksi dengan internet agar bisa diakses

Jadi cara kerjanya adalah ketika kita mengetik sebuah alamat web di browser maka kita akan diarahkan menuju ke hosting dimana website kita tersimpan

untuk sebuah domain dan jasa penyedia hosting tidaklah gratis, sebuah domain dengan ekstensi (dot)com dihargai sekitar 100 ribuan pertahun begitu juga dengan penyewaan hosting untuk setahun dikenakan 100 ribuan pertahun.

harga domain dan hosting pertahunnya sekitar 200 ribuan dan akan dikenakan lagi biaya sewa yang sama untuk tahun berikutnya. Untuk harga segitu selama setahun tidak lah berat terasa.

Untuk domain dengan nama anda sendiri akan terdengar lebih profesional ketimbang menggunakan blog gratisan yang ada embel-embel nama website orang yang ikut melekat bersamanya (namaanda.blogspot.com) dan hosting berbayarpun lebih bagus dari segi performa dan keleluasaan dalam hal isi yang ingin kita publikasikan.

jadi dimana kita dapat membeli sebuah domain dan jasa hosting?
banyak perusahaan baik lokal maupun internasional yang dapat kita gunakan jasanya, ada penyedia yang komplit menawarkan domain dan hosting dalam jasanya dan adapun yang terpisah, pada intinya sama saja mau terpisah jasa penjualan domain dan hostingnya ataupun pada satu penyedia jasa domain dan hosting yang sama, kita tetap bisa melakukan penyetelan agar domain tersebut terkoneksi dengan hosting yang kita miliki akan tetapi memang untuk pengguna pemula lebih mudah untuk menggunakan jasa penyedia domain dan hosting pada satu tempat agar mudah jika mendapat kesulitan dengan layanannya.

contoh seperti blog saya ini menggunakan jasa domain dari Luar negeri dan hosting dari penyedia jasa hosting lokal, websitenya tetap berjalan dengan lancar bukan.

daftar penyedia hosting dan domain lokal dapat di cari di google

Nama domain apa yang akan saya gunakan?
pemilihan nama domain tergantung peruntukannya, untuk blog pribadi sebaiknya menggunakan nama kamu sebagai nama domainnya (www.namakamu.com) karena lebih mempresentasikan kamu, dapat juga menggunakan nama-nama alias sesuai keingan kamu dan untuk website perusahaan dapat menggunakan nama perusahaan sebagai nama domainnya (www.namaperusahaan.com).

Jenis-jenis nama Domain yang umum adalah (dot)com, (dot)org, (dot)net atau (dot)info, tetapi banyak sekali pilihan ekstensi nama domain yang bisa kamu pilih yang dapat dilihat di daftar ekstensi domain dan penjelasannya.

untuk saran saya pilih ekstensi (dot)com yang sudah umum dan paling banyak digunakan, pilihan lainnya adalah (dot)net serta (dot)org. Pilihlah nama domain yang mudah diingat, tidak sulit untuk di-eja serta mempresentasikan kamu atau tujuan kamu. tetapi yang terpenting adalah kamu suka dengan nama itu maka jadikanlah sebagai pilihanmu.

TAHAP KETIGA : INSTALL DAN SETTING WORDPRESS KAMU

Setelah kamu sudah selesai menyetel nama domain dan hosting, sekarang tinggal tahap terakhir untuk membuat website kamu aktif dengan menginstal wordpress ke hosting.

  1. Install WordPress

Ada dua cara untuk menginstal wordpress yaitu dengan cara otomatis atau dengan cara manual.

Install Otomatis

Biasanya semua layanan hosting telah menyediakan softaculous atau software sejenisnya yang punya fitur 1 click-installation yang berfungsi menginstal wordpress atau platform lainnya secara otomatis dengan sekali klik saja dari control panel (C-Panel).

berikut tahapannya :

  • Log in ke member area akun hosting kamu.
  • buka control panel.
  • Buka Softaculous atau program 1 Click Installation sejenis.
  • pilih “WordPress”.
  • pilih nama domain yang ingin diinstall.
  • Isi Username admin kamu dan password.
  • Pada bagian Folder/Path kosongkan saja jika ingin menginstal di main website (www.namadomain.com) atau ketik nama folder yang ingin menjadi tempat blog kamu tersimpan (blog.namadomain.com)
  • klik “Install Now”.

Install Manual

Pilihlah hosting yang memiliki softaculous untuk memudahkan pekerjaan anda. jika ternyata hosting yang kamu pilih tidak memiliki program untuk penginstalan otomatis wordpress maka ikuti langkah Cara instal wordpress secara manual yang bisa kamu cari di google (Tutorial coming soon).

  1. Setting WordPress
  • Hapus Artikel Testing

Login ke WordPress dashboard, Bisa juga dengan mengakses: http://namawebanda.com/wp-admin.

wordpress_default_dashboard

Di menu “Post” pilih “All Posts” lalu hapus semua artikel testing yang ada, lakukan hal yang sama pada “Pages”

  • Rubah Tampilan/Theme

pilih theme

Klik “Appearance” lalu “Themes” pilih salah theme yang diinginkan lalu klik “Activate”atau kalau mau mengintall theme baru klik “Add New” silahkan mencari dan install themes gratis yang disediakan WordPress disitu.

install_theme

  • Penyetelan Umum WordPress

Jika kamu belum mengisi atau ingin merubah nama Website dan keterangannya bisa dilakukan dengan klik “Setting” lalu “General” general setting

Settingan lainnya bisa di atur sesuai keinginan kamu, untuk pengaturan memberikan ijin untuk pengunjung memberikan komentar bisa di setting di “Setting” > “Discussion” > lalu hilangkan centangan untuk “

Sesuaikan tampilan alamat link postingan kamu di “Setting” > “Permalinks” > pilih yang sesuai atau bisa juga di coustum seperti punya saya menjadi :

/%year%/%monthnum%/%postname%.html

  1. Install Plugin

Plugin adalah fitur tambahan yang bisa kita install dengan mudah di WordPress dan banyak jenisnya, inilah salah satu keunggulan WordPress yang sangat membantu penggunanya. Kita dapat menginstall plugin dengan cara klik “Plugins” lalu pilih “Add New” atau untuk mengakses plugin yang sudah terinstal maka pilih “Installed Plugins”. Beberapa Plugin yang wajib di install menurut saya yaitu :

  • Akismet (Anti Spam)
  • All In One SEO Pack (Semua yang dibutuhkan untuk mengoptimasi website kita di mesin pencarian google)
  • Google XML Sitemaps (Membuat file XML, sejenis pemetaan website kita agar mudah dibaca oleh google dan esin pencari lainnya)
  • WP Statistics (Untuk mengetahui statistik pengunjung secara real time)
  • Fast Secure Contact Form (Memberikan fitur kontak di website kita agar pengunjung dapat mengirimkan email ke kita secara langsung dari website)

Silahkan menginstall Plugin yang cocok untuk keperluan website kamu, banyak sekali plugin yang di tawarkan oleh WordPress di menu Search.

  1. Mulailah Berposting Ria

Pages

berikutnya cara membuat Page (halaman) di wordpress kamu, ingin membuat halaman baru tentang tentang “Policy” atau halaman “Kontak” seperti blog ini, caranya :

  1. Disebelah kiri menu pada dashboard WordPress klik “Pages” lalu “Add New”.
  2. Akan muncul tampilan kolom yang harus diisi untuk tampilan halaman seperti Judul dan isi. caranya mudah cukup ketik di Judul “Kontak” dan di bagian bawahnya silahkan diisikan apa keterangan yang perlu tentang halaman ini lalu ketik Publish.

Posting

Nah yang buat menarik dari WordPress yaitu ada fitur “page” dan “post”, jika orientasi website kamu itu blog maka fitur “post” akan menjadi prioritas utama, kamu juga bisa menentukan kategori untuk tiap postingan yang kamu buat.

Buka “Posts” lalu “Add New” lalu ketik judul Postingan dan silahkan mengisi artikel di kolom dibawahnya, tersedia fitur lengkap untuk kita mengetik dan mengedit artikel, memasukan gambar dalam postingan dengan klik “add media” lalu pilih gambar yang tersedia atau klik “Upload file” untuk mengunggah gambah dari komputer, lalu klik “Insert to Post” untuk memasukkan gambar tersebut kedalam postingan kita.

postingan baru

jika sudah selesai menulis artikelnya, lihat disebelah kanan layar ada “Category” silahkan klik “+Add New Category” lalu ketik Kategori Postingan kita tadi, dan untuk kedepannya jika kita membuat sebuah artikel yang kategorinya sama langsung mengcentang kategori yang ada atau yang sudah pernah kita buat sebelumnya. Untuk artikel yang kita buat dan tidak memilih salah satu kategori atau membuat kategori baru maka secara sendirinya artikel tersebut akan masuk dalam kategori “Uncategorized”.

blogcategory

Sekian Sharingan saya mengenai bagaimana cara membuat website dengan nama kita sendiri, semoga postingan saya ini dapat membantu kalian yang tertarik menjadi seorang blogger dan saya berharap setiap postingan di blog saya ini dapat bermanfaat, jika masih kesulitan dalam membuat website sendiri bisa menghubungi saya, akan saya bantu sebisa mungkin, Terimakasih

Fadli.

Leave a Reply